percaya/per·ca·ya/ kata kerja

Alonesaat ini telah tiba, saat dimana ini memang akan terjadi, saat kamu merasa waktumu berjalan lebih lama dari biasanya, tak ada siapa siapa disini, hanya aku sendiri menari bersama jemari. Sunyi.

setelah ini, apa?

tidak ada kisah yang sempurna
menduga-duga mencari pembenaran dalam sebuah kesalahan

setelah ini, apa?
mengulurkan tangan, namun ternyata tak ada satupun yang kulihat

setelah ini, apa?
belajar dari kesalahan yang sama, namun selalu berulang

setelah ini, apa?
aku tak bisa memikirkan sesuatu lagi

Sejujurnya aku memang sedang tidak tertarik dengan sesuatu yang berbau roman. Jatuh cinta, patah hati, rindu tak tersampaikan, atau apalah. Terlalu girly untuk seorang lelaki.

Di saat setiap orang berusaha membahagiakan pasangannya, membelikan dia bunga, menulis sajak-sajak rindu, dan jatuh cinta terlalu dalam, aku lebih memilih bermain Pro Evolution Soccer ditemani setoples kastangel di dalam kamar. Sunyi, sepi; cukup bagiku. Mungkin memang dasarnya aku tidak percaya cinta. Atau cinta yang tidak mempercayakan dirinya kepadaku? Entahlah

Aku merenung. Ada sesuatu yang mengganjal. Ada sesuatu yang tidak kukatakan dengan jujur. Atau mungkin memang aku saja yang tidak pandai mengungkapkannya. Kukatakan? Kuungkapkan? Terserah, apa saja bisa. Aku merasa menjadi dua, satu mengikuti alur logika, satu lagi mengikuti kata hati.

…Tunggu dulu. Hati?
Aku terhenyak. Sekarang, sesuatu itu seakan menghantamku keras. Ia menerobos pertahanan terkuatku, memaksaku untuk takluk dan memikir ulang konsep akal sehat – perasaan.
Dan bagaimana bisa aku memasukkan apapun yang berhubungan dengan hati ke dalam hipotesisku?

Aku berpikir keras, mencari-cari penjelasan paling rasional.
Gugup? Bukan.
Lapar? Bukan.
Mabuk? Jelas bukan.
Berbohong? Hmm… Namun berbohong tentang apa? Berbohong yang bagaimana? Berbohong karena apa?
Aku mendengus kesal. Aku menyerah.

“Jangan lupa jatuh cinta.”
Kata-kata itu terngiang di telinga. Berputar berulang-ulang di kepala seperti kaset rusak.

Aku menyerah, aku lupa jatuh cinta.

Leave a Reply

